Tabib Sakti (Basabasi, 2017); Novel Karya V.S. Naipaul

0
Tabib Sakti (Basabasi, 2017); Novel Karya V.S. Naipaul
Tabib Sakti (Basabasi, 2017). Sumber gambar: Fanpage Basabasi Store

“Naipaul adalah orang yang membiarkan dirinya, dengan cukup sadar, menjadi seorang saksi yang siap dituntut oleh Barat.”-Edward Said

Seorang editor di sebuah penerbitan telah membaca buku kumpulan cerita karya V.S. Naipaul, tetapi ia mendorong Naipaul untuk terlebih dulu menerbitkan satu novel utuh. Maka, lahirlah Tabib Sakti ini, menjadi karya pertamanya yang diterbitkan pada 1957. Berbeda dengan karya-karanya yang kemudian, yang bertema lebih serius, gelap dan ambisius (misalnya Gerilya dan Sebuah Rumah untuk Tuan Bisvas) karangan-karangan awal Naipaul adalah kisah-kisah komedi yang ringan, lucu, dan menghibur.

Tabib Sakti menelusuri perubahan nasib Ganesh, seorang India di Trinidad, yang dipersiapkan oleh ayahnya untuk mengenyam pendidikan tinggi. Namun, tetap saja, ayahnya bukanlah seseorang yang sepenuhnya modern. Menolak disuruh menikah saat masih kuliah, ia mencoba bekerja sebagai guru, hanya untuk mendapati ia harus berhadapan kekolotan yang lain. Ia banting setir jadi tukang pijat, untuk selanjutnya menjadi seorang tabib mistik, mengobati jiwa dan kehampaan spiritual yang menerpa banyak warga Trinidad pada saat itu.

Lika-liku kehidupannya, yang sekilas tampak seperti kebetulan dan kemujuran belaka, adalah pertemuan antara persiapan dengan momentum yang tepat. Minatnya yang amat tinggi terhadap pengetahuan, rumahnya penuh buku, adalah penyelamatnya.

Tabib Sakti memenangi John Llewellyn Rhys Prize pada 1958, dan telah difilmkan pada 2001, disutradarai oleh Ismail Merchant.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.