Proyek Naskah Fiksi Dibuka Sampai 28 Februari 2018

Dear Writers,

 

Redaksi Fiksi DIVA Press kembali membuka peluang bagi para penulis untuk mengerjakan sejumlah proyek novel. Silakan kirimkan proposal penawaran berisi sinopsis (ringkasan jalan cerita) dan outline (kerangka cerita per bab). Cantumkan tema pilihanmu pada judul e-mail dan juga halaman awal sinopsis.

 

Silakan kirimkan ke email: proyeknaskahfiksi@gmail.com. Penawaran yang paling menarik akan dihubungi oleh Tim Redaksi via e-email.

 

Bagi yang sedang mengerjakan proyek penulisan dengan DIVA Press atau penerbit lain, mohon tidak mengajukan diri.

 

Bagi yang sebelumnya telah mengirimkan pengajuan dan belum dihubungi via email, dapat mengajukan kembali dengan sinopsis yang berbeda untuk tema yang sama, atau untuk tema lainnya.

 

Penawaran ini dibuka hingga 28 Februari 2018

 

Berikut tema-tema proyek naskah yang masih tersedia:

 

ROAD TRIP WITH PARENT

Ini adalah bentuk bonding experience antar orang tua dan anak. Sepanjang perjalanan bagaimana anak dan orang tua ini saling berkomunikasi, membuka sekat komunikasi yang selama ini ada karena kesibukan masing-masing. Perjalanan yang boleh jadi sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari namun ada kejadian tak terduga di sana.

 

STRUGGLING TO LIVE

Ada kondisi yang terbalik secara tiba-tiba. Misal, seorang dokter yang menangani pasien yang sakit keras. Namun kemudian ia menjadi pasien. Mengetengahkan perubahan sikap dan mental dari dokter tersebut. Bisa jadi sebelumnya, ia bersikap arogan, sangat percaya diri terhadap kemampuannya dalam mengobati pasien. Namun kemudian dia berada di kondisi sama seperti yang dialami pasiennya. Berbagai kejadian yang membuatnya mengubah sikap, memperjuangkan hidup, dst.

 

DAD AND DAUGHTER RELATIONSHIP

Hubungan ayah dan anak perempuan punya dampak besar pada hidup si anak perempuan dan bahkan menemukan apakah dia akan tumbuh menjadi perempuan yang kuat dan percaya diri.

 

TEN YEARS AFTER

Novel bertema persahabatan SMA. Mereka sepakat menulis dan menguburkan time capsule, yang akan dibuka 10 tahun kemudian. Berisi harapan dan pengakuan semasa SMA. Mereka punya konflik yang belum selesai. Di 10 tahun kemudian, mereka berusaha memperbaiki keadaan. Bisa jadi berhasil, bisa juga gagal.

 

5 STAGES OF GRIEF

Novel yang mengetengahkan 5 stages of grief (denial, anger, bargaining, depression, and acceptance). Sebuah keluarga muda kehilangan anak mereka secara tiba-tiba (diculik/dibunuh/kecelakaan). Kedua orang tua ini menyimpan penyesalan masing-masing. Bisa jadi, salah satu dari mereka belum bisa move-on, bahkan destruktif. Bisa juga, kejadian itu membuka rahasia tertentu yang suami/istrinya sembunyikan. Menyorot cara pasangan ini mengatasi rasa kehilangan atas musibah yang terjadi. Bagaimana pasangan muda ini menyembuhkan luka, menerima musibah, merajut kepercayaan. Bisa jadi keduanya tetap bersama atau berpisah.

 

PETER PAN SYNDROME

Sindrom Peter Pan adalah sindrom pada orang dewasa yang secara sosial tidak menunjukkan kematangan atau kedewasaan.  Sindrom ini lazim diderita kaum lelaki yang secara psikologis, seksual, dan sosial menunjukkan perilaku yang keluar dari pengasuhan.

Konflik yang timbul karena tokoh mengalami syndrome tersebut.

 

 

47 thoughts on “Proyek Naskah Fiksi Dibuka Sampai 28 Februari 2018

  1. Dear editor Diva Press,

    Mau tanya, bgmn kalau temanya di luar tema2 yg msh tersedia, apkh msh boleh mengirimkan proposal?
    Trims

      1. Oh baiklah. Btw nanti kl memang proposalnya di-acc, penulis akan dikasih waktu menulis berapa lama ya?

  2. Dear Diva Press,

    yang dimaksud outline per bab seperti apa ya? apakah semua bab harus komplit bserta paragraf pertama atau hanya ide cerita? jika ditengah-tengah penulisan ada bab tambahan atau pengurangan, apakah boleh? Terima kasih.

  3. Untuk proyek itu dari nol, atau memang sudah punya karya yang sesuai dengan tema-tema yang dijelaskan

  4. Halo admin, saya mau bertanya. Untuk tema 5 stages of grief, rentang umur tokoh pasangan muda yang dimaksud harus berapa sampai berapa?

  5. kalau udah pernah di publish di blog atau wattpad gimana??
    tapi untuk versi barunya ada perubahan

  6. Kak ,mau tanya untuk outline itu berisi apa saja? Terima Kasih. Lalu proposal dalam badan surel atau lampiran?

  7. Saya sudah mengirimkannya dengan tema Ten Years After , berapa lama waktu persetujuannya kak?

  8. Min, isi kerangka/outline nya itu hanya brisi point-point saja kah yg nantinya akan dikmbangkan kalau ditrima??

  9. Mau nanya untuk tema 5 stages of grief harus tentang keluarga yang kehilangan? Dan yang struggling to live itu tentang dokter hanya contoh atau ceritanya harus tentang dokter begitu? Sama yang ten years after apa boleh kisahnya tidak seperti itu?

  10. Min, kalau boleh tahu, pengumuman proposal terpilihnya kapan? Kalau misalnya, kita kirim proposal ini, tapi kirim juga naskah novel lengkapnya untuk penerimaan naskah periode Feb-Mar 2018 (in case proposalnya ditolak), apa boleh?

    Terima kasih. 🙂

    1. Untuk yang proyek naskah fiksi khusus untuk naskah yang belum ditulis, Kak. Karena nanti akan ada pengarahan dari pihak Redaksi. Jika naskahnya sudah selesai ditulis, bisa dikirimkan langsung melalui jalur pengiriman naskah saja 🙂

  11. Apakah untuk struggling to live harus dgn tokoh dokter seperti pada keterangan di atas atau bisa bebas asalkan tetap tentang “struggling to live”? Boleh atau tidak jika di-blend dgn tema lain seperti brotherhood? Tks

  12. Dear diva,
    mohon konfirmasi penerimaan naskah masuk jika memang sudah ya, setidaknya, para pengirim merasa mendapat feedback kalau naskah yang dikirimkan memang sudah diterima pihak divapress dan masuk di email, trims

  13. Alahamdulillah saya ini tadi barusan ngirim kak, tema Dad and Daughter Relationship. Ini saya baru pertama kalinya, semoga bisa untuk belajar nulis novel dan membawa kebermanfaatan kedepannya. trima kasih ya diva press, sudah mengadakan event ini. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *