Kiat Mengirim Esai ke Media Online BASABASI(DOT)CO

Kiat Mengirim Esai ke Media Online BASABASI(DOT)COSebab saya yang menjaga gawang esai di basabasi(dot)co, maka saya pikir penting bagi kalian yang ingin bersaing lolos di kolom esai ini untuk memahami hal-hal yang saya inginkan ini.

1. Pentingnya ide. Baik karena ide itu aktual atau pun menarik untuk diketahui publik. Jadi kalau idemu ttg menghapus galau di Malam Minggu saya kira itu urusanmu, bukan urusan publik. Membicarakan mblebernya mulut farhat abbas hingga film Fast and Furious yang bestseller sebelum tayang saya kira lebih memikat untuk dibaca banyak orang.

2. Perspektif nakal. Hal-hal yang datar atau telah jadi perspektif mainstream saya kok kurang greget. Kalau cuma bicara bahwa Duo Serigala menjadi sahabat setia kaum jomblo laki masa kini beserta lotionnya kok ya itu keharuan ihik-ihik yang jamak saja. Anda harus berani beragumentasi, berpendapat, mencarikan landasan analitik dan teoritiknya, untuk meyakinkan pembaca. Kekokohan argumentasimu berbanding lurus dengan kekuatan alur nalarmu. Ingat selalu bahwa wacana itu lebih tentang soal bagaimana argumentasimu. Soal disetujui atau tidak, bahkan kelak dibantah dengan telak kesalahannya, bukan masalah.

3. Penyajian yang berkesan. Bebaskan mindset Anda dari berpikir linier bahwa tulisan yang baik harus menggunakan kosa kata yang baik melulu. Bebaskan! Di tangan saya, Anda boleh menggunakan kata-kata ekspresif untuk mendapatkan impresi. Mau mengumpat, silakan, tapi pastikan umpatanmu itu ilmiah, fungsional, impresif terhadap wacana yang dibangun. Umpatan kaum cendekiawan buat saya jelas berbeda dengan umpatan preman pasar. Tak usah ragu untuk menulis satire yang maha tajam di sini. Para polisi moral yang syahdan telah memiliki kavling di surga ada baiknya selalu menjaga kesehatan di sini, sebab itu nomor satu.

4. Inspiring. Saya selalu menempatkan semua jenis tulisan sebagai “jalan pencerahan”. Apa pun yang Anda tulis. Harus selalu ada nilai inspiratif bagi publik luas di balik tulisanmu, sesatire apa pun ia. Tulisan sengalir apa pun tapi sepi inspirasi buat saya tidak menarik untuk dikhalayakkan.
Dan, FYI, semua penulis yang karyanya ditayangkan di basabasi(dot)co, selain dapat fee (cerpen 250k, esai dan puisi 200k), juga akan mendapatkan kaos keren basabasi(dot)co. Kaos ini tidak dijual! Dan penulis hanya akan mendapatkan satu kali saja. Penayangan tulisan kedua dan seterusnya tidak mendapatkan kaos lagi. Demi menjaga koentji-nya!

Kelak, bila kalian jalan-jalan lalu melihat seseorang mengenakan kaos basabasi(dot)co, itu pastilah salah satu penulis yang karyanya pernah lolos seleksi keras basabasi(dot)co.
Boleh jadi, kaos basabasi(dot)co yang Anda kenakan menjadi jalan jodoh Anda. Bila ini terjadi, basabasi(dot)co adalah KOENTJI!

Penulis: Edi AH Iyubenu

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.