Lomba Menulis Parenting Series

Halo, DIVAmate. Karena seorang penulis itu menulis dan bukan bermimpi menulis, kami hadirkan kembali aneka lomba menulis untuk kalian semua. Kali ini, ada seri parenting series yang akan mengangkat tema tentang pengasuhan anak. Silakan baca informasi selengkapnya berikut ini.

Syarat dan ketentuan:

  1. Tulisan merupakan kisah nyata berdasarkan pengalaman pribadi penulis, bukan kisah rekaan.
  2. Setiap orang hanya boleh mengirimkan 1 tulisan.
  3. Jika ingin menggunakan nama pena, silakan cantumkan di bawah judul tulisan.

Contoh:

Ayah Zaman Now

(Mahadewa)

  1. Naskah ditulis dalam format Word, panjang tulisan 5–7 halaman, spasi 2, Times New Roman, margin 4 cm untuk atas dan kiri serta 3 cm untuk kanan dan bawah. Ukuran kertas A4.
  2. Biodata penulis dalam bentuk narasi. Bagi yang menggunakan nama pena, nama asli tidak perlu dicantumkan pada biodata.
  3. Jangan lupa mengisi informasi berikut di halaman akhir naskah:

Nama asli:

Alamat:

No. HP:

  1. Lomba diadakan mulai 15 Januari–28 Februari 2018.
  2. Naskah dikirimkan via email: lomba.redaksiumum@gmail.com

Format judul email dan judul file tulisan: TEMA + Judul + Nama Penulis

  1. Wajib follow akun twitter https://twitter.com/divapress01 dan like fanpage https://www.facebook.com/penerbitdiva/?ref=bookmarks.
  2. Mention akun Twitter @divapress01 bahwa kamu sudah mengirimkan naskah lomba.

 

Akan dipilih naskah-naskah terbaik tiap tema untuk diterbitkan.

Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat.

 

HADIAH:

1 buku sampel+paket buku+T-shirt  

 

Tema-Tema Tulisan

1. Ada Ayah di Sini

Indonesia termasuk salah satu fatherless country alias negeri tanpa ayah. Bukan karena tidak adanya ayah secara fisik, melainkan karena kurangnya peran mereka secara psikologis dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anaknya. Nah, untuk kalian para ayah, yuk ceritakan pengalaman kalian dalam mendampingi anak-anak di usia 0–5 tahun, bagaimana mengatur waktu antara bekerja dan bermain dengan anak, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi dad and kids-time, menumbuhkan bonding (ikatan) antara ayah dan anak saat harus jauh dengan keluarga (long distance marriage), dan lain sebagainya yang mencakup peran ayah.

 

2. Rasanya Indah Jika Menjadi Ibu

Menjadi ibu merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar wanita. Tetapi, inilah kehidupan, sesuatu yang kita inginkan tidak selalu terwujud dalam waktu singkat, begitu juga keinginan untuk menjadi ibu. Banyak pasangan yang harus menunggu sekian lama dan melakukan banyak usaha yang menguras dana sekaligus tenaga dan emosi demi memperoleh keturunan. Apakah kalian termasuk bagian dari mereka? Ceritakan perjuangan kalian, baik yang sudah berhasil memperoleh keturunan maupun kalian yang masih terus berjuang hingga detik ini.

 

Karena temanya tentang “ayah” dan “ibu” dan kudu kisah nyata sendiri, otomatis hanya mereka yang sudah menikah saja yang boleh ikutan. Dengan kata lain, hanya ayah dan ibu beneran yang bisa ikutan, bukan ayah-ayahan atau bunda-bundaan apalagi masih kakak-adek-an. Nah, sudah jelas semuanya. Oke, kami tunggu kiriman naskahmu sampai tanggal 28 Februari 2018.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

6 Comments

  1. Qoni'ah says

    Saya seorang ibu. Tapi pengen banget nulis tentang ayah. Bolehkah?

  2. Rahmi says

    Saya mau ikutan..tapi gaknada twitter, bagaimana ya?

  3. Izza says

    Saya pengen ikutan tapi belum menikah belum jadi ibu tapi sering mengaplikasikan ilmu parenting ke ponakan…. Boleh ikut? Hehe

  4. andhikamppp says

    wah, temanya menarik. tulisan sejenis sudah saya kirimkan untuk lomba sebelumnya. harus mikirin ide yang lain, nih.

  5. Novi says

    Bakal diterbitkan dimana min?

  6. Maduretno says

    Yeayyy…sudah mengirimkan tulisaannn….syukur2 bisa terpilih, terbit, dan bisa menginspirasi banyak calon Ibu yang sedang menanti buah hati. Jika tidak terpilih, minimal saya sudah mengeluarkan uneg2 dan bisa berbagi cerita dengan tim Divapress ^^