Kirim Naskah

Berikut ini kami lampirkan tata cara mengirimkan penawaran naskah kepada kami, Penerbit DIVA Press:

1.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah fiksi (novel deasa/teenlit), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “sinopsis” yang dibuat dalam file terpisah dari isi naskah.
2.   Jumlah halaman naskah novel dewasa 250–400 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12. Untuk naskah anak (untuk pembaca SD-SMP) dengan ketebalan minimal 50-100 hlm, sedangkan cerita anak (untuk TK-3 SD) dengan ketebalan maksimal 50 hlm.
3.   Jumlah halaman naskah novel teenlit 180–220 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi 2, font times new roman 12 pts.
4.   Jika naskah yang dikirimkan adalah naskah nonfiksi (buku agama/buku anak/buku pelajaran, dan sebagainya), penulis wajib melengkapi naskah tersebut dengan “daftar isi” serta “uraian keunggulan” naskah yang ditawarkan dalam file yang terpisah dari isi naskah.
5.   Jumlah halaman naskah nonfiksi 150–250 halaman dengan format ukuran kertas A4, top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, font times new roman ukuran 12.
6.   Judul email diisi dengan format: penawaran naskah + judul naskah (kode naskah).

Misalnya:

Ke:
redaksi_divapress@yahoo.com
deteensmail@gmail.com (email khusus teenlit)

Judul email: penawaran naskah I Found My Heart (Teen)

7.   Jika naskah dikirim via pos atau diantar sendiri, silakan tulis judul dan kode naskah di sudut amplop sebelah kanan.
Misalnya:
Judul: penawaran naskah Tuntunan Dzikir Sepanjang Hari (Ag)

8.   Kode naskah:
a.   (U)       :  untuk naskah buku umum, misalnya buku pelajaran umum, buku psikotes, buku traveling, dan sebagainya.
b.   (Ag)     :  untuk naskah buku agama Islam, misalnya buku tentang tata cara shalat, buku tentang manfaat puasa, buku wacana keislaman, dan sebagainya.
c.   (An)    :  untuk naskah buku anak, misalnya belajar membaca untuk anak, belajar membaca al-Qur’an untuk anak, belajar menggambar dan mewarnai, dan sebagainya.
d.   (Teen) :  untuk naskah buku remaja dan novel teenlit.
e.   (Nv)     :  untuk naskah novel dewasa.

Konfirmasi Naskah
1. Setiap naskah dalam bentuk print out yang dikirimkan ke redaksi DIVA Press dan ditolak, tidak akan dikembalikan kepada penulis. Penulis dipersilakan untuk mengambil naskah tersebut dengan datang langsung ke kantor redaksi maksimal 1 minggu setelah konfirmasi penolakan dari pihak redaksi.
2. Naskah yang sudah dinyatakan ditolak tidak akan diterbitkan oleh DIVA Press dan akan dibuang agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Konfirmasi penerimaan naskah akan diberikan maksimal 1 bulan setelah naskah sampai ke meja redaksi.
4. Naskah yang telah diterima hanya akan diedit oleh staf redaksi DIVA Press yang berwenang.

342 Responses to Kirim Naskah

  1. nisa indra says:

    hai,, nama saya nisa, saya mau tnaya kalo cuma ngirim cerpen aja (1 judul) bisa nggak ya,,?

    • admin says:

      klu cerpen kebetulan diva blom nerbitin :)

      • Rachmawati says:

        SAya ada membeli buku Diva Press yang mendapatkan kupon Umroh, dalam keterangan point 3 klaim pemenang dari tanggal 14-02-2012 s/d 01-06-2012 dengan menunjukkan kupon asli. Gimana prosedur klaim jika domisili diluar Yogyakarta..?

        • admin says:

          untul klaim luar kota, bisa dengan lebih dulu menghubungi ke kantor kami atau memperlihatkan scan potongan kupon pada kami. setelah itu kami akan hubungi untuk pembicaraan lebih lanjut

    • murniati says:

      Senang baca blogx diva, maaf, saya sudah menulis buku, gmn carax ya agar bisa diterbitkan? Mhon dituntun,,tksih

  2. Dendy says:

    kalau naskah kumpulan cerita konyol, Diva mau nerbitkan ndak?

  3. Yomi Hanna says:

    jenis naskah fiksi yg boleh dikirim ke diva apa saja? (cthnya novel, kumcer atau gimna?)

  4. jeki says:

    kalau karya terjemah gimana? genre apa aja yang bisa masuk di diva…

  5. aiu says:

    numpang tanya (mohon dibalas)..:)
    apa nerima naskah fiksi romance thriller??

  6. aiu says:

    ah iya.. lupa
    mending kirimnya yang hard copy atau soft copy ya?? makasi…

  7. aiu says:

    halo. saya sudah coba kirim naskah ke redaksi_divapress@yahoo.com.

    Mohon dipertimbangkan. Terima kasih. :)

  8. Khusnul says:

    kalau naskah how to, tapi mkn klo dibukukan hanya bisa jadi buku saku. bisa nggak?

  9. CHILVI says:

    menerima novel anak tidak?

  10. Iim says:

    Diva press,,,, kalo mau nerbitin novel gimana carax??mohon dibalas!!!

  11. Iim says:

    diva press gimna carax nerbitin novel??mohon dblas!!

  12. Fiyan Arjun says:

    assalam,

    bolehkah saya mengirimkan kmupulan kisah inspiratif sy ke Diva Press? Kisah inspiartif sebagaian ada yang masuk di media surat kabar maupun online dan juga ada yang memangkan lomba. Apakah Diva Press mau menerima naskah sy. Sy tunggu jawabannya. Dan inilah biodata sy:

    PENULIS
    Fiyan Arjun. Anak asle Betawi sekarang masih menyadang mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI) Jurusan Manajemen Informatika dan aktif di komunitas penulisan FLP Jakarta sampai sekarang di samping itu juga mengajar ekskul Jurnalis Cilik di sebuah Sekolah Dasar Islam Plus di Tangerang. Tulisannya beberapa kali pernah dipublikasi di majalah Sabili, Al-Mujtama, Annida, Tarbawi, Majalah Anak Aku Anak Saleh, Kabarindonesia.com. Eramuslim.com, Kotasantri.com dan Seputar Indonesia serta tulisan berbentuk Citizen Jurnalism beberapa kali dipublish di Republika Minggu. Menjadi finalis dalam rangka Lomba Menulis Inspiratif tentang Matamu Ceritamu di tabloid Wanita Indonesia sebagai juri utama Dewi ‘Dee’ Lestari tahun 2006, peraih juara harapan tiga dalam rangka Lomba Menulis Surat Cinta di media On-line Kabarindonesia.com tahun 2008, Juara Harapan 1 Lomba Menulis Artikel Kartini di Mata Supermoms 2008 di millis Supermoms, peraih juara kedua lomba opini kenaikan BBM di website Jamil Azzaini tahun 2009, peraih finalis dalam lomba menulis artikel tentang Ibu di Mata Super Moms di http://www.supermoms.com tahun 2009. Terpilih pemenang TOP TEN dalam Lomba Puisi Kado untuk Indonesia di media Facebook 2011. Anugerah Juara Selaksa Makna Cinta kategori Puisi di group Facebook UNSA (Untuk Sahabat) 2011.

    Karyanya yang berbentuk buku diantaranya: “Bela Diri for Muslimah: Siapa Bilang Perempuan Makhluk Lemah” (FLP Publishing 2009), Antologi Puisi G30S, Gempa Padang 2009 (Kuflet Publishing 2010), Antologi Puisi Festival Bulan Purnama Majapahit Triwulan 2010 (Dewan Kesenian Kabupaten Mojokerto 2010), Antologi Lovely Ramadhan (Indie Publishing 2010), Antologi Islam Mengajarkan Tradisi Menulis (Youth Publisher 2010), Antologi Lovely Lebaran (Indie Publishing 2010), Antologi Kumpulan Flash Fiction Persembahan Kupu-kupu (Inzpira 2010) Kumpulan Cerpen Be Strong Indonesia Writer Indonesia (Nulis Buku.com 2010), Antologi Cerpen dan Puisi Mangga Golek Impian (Abatasa 2011), Antologi Ibuku Adalah…(Leutika Prio 2011), Antologi Selaksa Makna Ramadhan (Leutika Prio 2011), Antologi Puisi Kado Untuk Indonesia (2011), Dahsyatnya Millist ({Profec 2011)

    Email: fiyanarjun@gmail.com.

  13. aiu says:

    wah, saya email belum dibalas.. jadi ngomen disini saja ya.. :) siapa tau juga ada yang perlu info sama.

    mau tanya… apa diva nerima naskah fiksi fantasi? makasih.. :)

  14. aiu says:

    tanya lagi.. apa diva nerima sistem royalti 10% untuk bagi keuntungan? apa cuma bayar dgn nominal ttt untuk oplah tertentu? :)

  15. Assalamu’alaikum warah matullahi wa barakatuh
    Yth. PENERBIT DIVA PRESS.

    Saya sudah mengirimkan soft copy novel melalui email ke redaksi diva press. Email saya : aikonabilahasna@gmail.com
    Naskah karya pribadi tersebut bergenre religius (terlampir pada attachment).

    Beberapa selling point pada karya novel yang berjudul ROTASI CINTA DI DUA UFUK ini antara lain :

    * Diksi pada naskah dapat dikatakan unik. Penulis juga kerap melakukan variasi syair maupun prosa yang lembut namun sarat nilai, utamanya dakwah Islam.

    * Setting tempat yang tergolong masih jarang diangkat dalam sebuah karya fiksi, utamanya novel. Patut diketahui, Penulis adalah salah seorang Purna Wanita Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan 14 (Sekarang disebut IPDN). Hampir 40% setting lokasi dan kejadian dalam novel ini berdasarkan pengalaman langsung tatkala menjalani masa kuliah sebagai Wanita Praja STPDN di tahun 2002 – 2006. Bahkan, khusus peristiwa tahun 2003, ada beberapa kejadian nyata yang Penulis ulas dan paparkan dalam novel ini. Salah satunya adalah peristiwa kasus kekerasan hingga menewaskan Alm. Wahyu Hidayat, yang juga rekan seangkatan dan seorganisasi.

    * Dalam kekhususannya, Novel ini sedikit banyak juga mengupas tantangan menjalani pendidikan di sekolah kedinasan, hingga berkecimpung dalam dunia birokrasi itu sendiri setelah lulus kuliah,

    * Novel ini juga memiliki gambaran unik yang khas mengenai kehidupan dakwah, pernikahan Islami, tanggung jawab seorang ayah hingga kehidupan berwirausaha.

    Kiranya dari pihak redaksi dan penerbit bersedia mengapresiasi karya ini.
    Besar harapan saya, agar naskah ini diterima dan dapat diterbitkan.

    Atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.
    Wassalamu’alaikum warah matullahi wa barakatuh.

    Tertanda

    NAJMATUL JANNAH (RANTAU ANGGUN SEPTIANINGRUM)

  16. diva.. saya baru saja kirim naskah kisah inspiratif.
    email saya bintaelmamba@yahoo.co.id.
    smoga nggak nyasar ya :D
    deg2an menunggu n berharap, berdoa semoga lolos.
    deg2an menunggu.. menunggu sambil menulis lagi…
    salam pena

  17. albany says:

    mau tnya,klau saya mengirim “kamus pemula”,diva nerbitkan n’da

  18. Andri novandri says:

    Saya mau tanya…
    Saya punya naskah novel. Tebalnya 50 halaman A4. Spasi 1,5. Times news roman 12 pt.
    Apakah itu bisa diterima ?

    • admin says:

      bs ditambahin lg ga halamannya? 50 halaman terlalu tipis deh :)

      • Andri novandri says:

        Jadi minimal brapa ?
        Bukankah diatas ditulis tak ada batasan halaman?

        • admin says:

          untuk novel kategori serius, di atas 250 udah standar banget :)

          • Andri novandri says:

            Kalau punya saya novel persahabatan.
            Jadi minimal brapa hlman ?

          • admin says:

            margin dalam cm ya, atas dan kiri 4cm, kanan dan bawah 3cm, biodata cb km lihat di buku2 novel koleksi km, isinya standar aja misal, nama lengkap, tanggal lahir, hobi, karya yg pernah diterbitkan n email. untuk novel persahabatan klu lebih ke teenlit di bawah 250 hlm. tp klu yg sifatnya serius, kudu di atas 250 hlm.

          • Harry hiantoro says:

            Saya ada naskah novel islami.
            Jumlah halaman cuma sampai 60 hlm, spasi 1.5, TNR 12 pt.
            Naskahnya sudah menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa ditambah lagi.
            Apa boleh ?

          • admin says:

            untuk naskah ketebalan segitu dianggap kurang. silakan cb dikembangkan lagi ya :)

  19. Andri novandri says:

    Saya mau tambah lagi.
    Apakah DIVA press sudah bekerja sama dengan toko buku gramedia ?

  20. Cindy Wijaya says:

    saya mau tanya..
    kalau naskah na dkrim lewat email aj gpp kan?

    terus margin nya dalam satuan inch atau cm?
    kalau aku punya,
    kertas : A4
    margin; kanan & atas : 4cm ; kiri & bawah : 3cm
    font : Times New Roman
    font size : 12
    Spacing : 1,5
    boleh ga ya? D:

    mohon dibalas :D

    • Cindy Wijaya says:

      Oh iya, punya aku novel remaja gitu.
      bolehkah? :D

    • Cindy Wijaya says:

      total halamannya kurang lebih 80-an
      xD

      makasih sebelumnya xD

    • admin says:

      yup gpp, margin dalam inci aj, kiri dan atas 4 acm, kanan dan bawah 3 cm, spasi 2 TNR font 12. untuk novel kategori apa aj silakan dikirim, jangan terlalu tipis ya daripada ntar diminta nambah karena proses editing berpotensi mengurangi halaman naskah juga :)

      • Cindy Wijaya says:

        maap kurang jelas, itu margin nya dalam inci 4 inch & 3 inch gitu? itu jdi na kmren saia coba lebar bgd loh mrgin na? o.o

      • Cindy Wijaya says:

        oh iyaa, untuk biodata isi na kurang lebih apa aja ya? hehe
        maaf banyak nanya, makasih lagi sebelumnya :D

  21. nandar hidayat says:

    untuk novel fiksi minimal beraa halaman?

  22. Harry hiantoro says:

    Disitu di tulis, konfirmasi masksimal 1 bulan.
    Brarti konfirmasinya bisa dipercepat (kurang dari 1 bulan) ?

  23. Harry hiantoro says:

    Oh ya, sya mw tnya lgi.
    Stelah naskah saya ditrbitkan mnjadi buku, apakah penerbit akan memberikan buku tersebut kepada saya ?
    Jika ya, brapa ?

  24. meilisa says:

    wahhhh kebetulan q suka nulis kra2 udah 6 novel yang q buat tapi msih bingung ngirimnya gmna.mka dri itu q mau coba buat tapi belum tau alamat diva press yg lengkap.

  25. cinderella says:

    maaf mau tnya,sya jg ingin krm naskah tp sya mau tanya,nanti klo naskah ditrbitkan,gmn sistem pmbyrannya?trz kriteria novel spt apa yg dtrima diva?tq

    • admin says:

      untuk sistem pembayarannya, ada beberapa sistem yang bisa dipilih. untuk detailnya, ntar silakan didiskusikan dengan redaksi aja. n soal kriteria novel yg diterima yg pasti marketable, temanya menarik, dan penyajiannya rapi

  26. shofi says:

    sya pengen kirim novel nich,. tpi belum ada ide mau buat novel apa?

  27. jayy says:

    seandainya novel kita diterima, kita boleh desain ilustrasi sendiri ngga??

  28. Rizma says:

    Salam,
    Alhamdulillah tanggal 18 Juli 2011 kemaren sy berkesempatan langsung ke markas Diva Press di Baturetno. Seneng deh bisa kesana. Sekalian saya ngumpulin naskah novel saya, mulanya saya ngasih yang print out ,tebel gila. tapi sama masnya, seingat sy namanya Pak Aziz (yg sy temui n ngasih tanda terima) minta yg soft file aja. hehe.
    katanya pemberitahuan nya sebulan setelah diterima. berarti tgl 18 Ags 2011 besok donggg…
    diva press, tolong lah sekiranya naskahku ini bisa dipertimbangkan dan diterbitkan. Sudah sepuluh tahun aku menanti menunggu namaku ada ddalam sebuah buku…
    makasih diva/…

  29. Rosia Gusti Wilyanda says:

    Halo Diva..
    mau tanya nih, aku mau ngirim naskah novel yg bergenre persahabatan dan percintaan..
    itu minimal harus lebih dari 250 halaman atau kurang dari itu??
    terus yang urusan transaksi itu maksudnya gimana Diva??
    terima kasih ya.. :)

    • admin says:

      Halo,
      Untuk jumlah halaman memang tidak ditentukan secara pasti, karena DIVA nerima beragam genre. Misalnya untuk novel anak rata2 70 halaman, teenlit 100 hlm, dewasa atau roman atau islami di atas 250 hlm. format naskah sama semua. untuk tema, kalu bisa jangan murni percintaan. karena pasti bngt bakal ditolak. so coba cari tema yang punya nilai2 moral dan sebagainya juga.
      untuk transaksi itu khusus pembelian online :)

  30. Rizma says:

    terimakasih diva…
    sy tunggu khabar selanjutnya dari diva …

  31. andi says:

    diva,terima gak naskah novel fiksi yang bertemakan fantasy,perang,dan sejarah?

  32. Aditya says:

    Saya aditya
    penulis IT yang pernah menerbitkan buku, saya ingin menjalin kerjasama dengan banyak penerbit termasuk diva,
    yang saya tanyakan apakah diva menerima naskah IT dengan tema hacking ?
    terimakasih saya tunggu balasanya via email
    salam

  33. galuh says:

    hai diva… low yang dirim kumpulan crpen bsa g? mksih….

  34. marlina says:

    mas/mba mau nanya nie,apa benar ada undian umroh ya? kerna ada kupon nie waktu saya beli..?

  35. vika says:

    Siang

    saya mau tanya kalau tema how to build online shop bisa diterima ga ya?Isinya bukan saja tentang cara penggunaan jejaring sosial dan blog tetapi langkah-langkah awal pemilihan produk dan tips menghadapi customer,kelambatan jasa pengiriman,transfer via net banking sampai pengepakan.Saya mempunyai 4 online shop yang menjadi sumber isi tulisan tersebut.Terima kasih

  36. rhat says:

    hai DIVA, emang novel apa yg diincer?
    genre fantasi horor juga kah?
    apa genre kehidupan layaknya true story?

  37. nurul says:

    assalamu’alaikum
    diva…(mohon dibalas)

    bagaimana kategori sebuah novel yang bisa diva press terbitkan..?
    boleh saya mencobanya??
    ada yang ingin sekali salah satu karya saya bisa diterbitkan, karena kebetulan saya suka menulis.
    mohon di jawab pertanyaan saya
    terimakasih
    wassalamu’alaikum

  38. Amel says:

    Diva, naskahku 175hal. Tapi gak semua teks’nya pakai TNR. Ditoleransikah kalau memakai font lain untuk pembeda(surat,sms,chat)?
    Kalau ditoleransi, aku mau kirim ke diva.
    Makasih :)

  39. lucy revnadi cordius says:

    diva,saya ingin coba mengirim naskah novel.Tapi saya dari daerah.Apakah naskah saya bisa dipertimbangkan? makasi…

  40. yurita says:

    kalo teenlit nerbitin gk?

  41. dicky says:

    klo puisi gmana?

  42. Ratna says:

    Mohon infonya… kl naskah buku anak2, diva nerbitin gak y? Lebih condong ke yg byk ilustrasi yg full colour ataukah yg lbh byk tulisannya aja? Trims ….

  43. nessa says:

    diva sya suka sekali membuat cerita2 fiksi tapi blm pernah saya krimn.apakh prosedur untuk semuany gmna za

  44. Irin says:

    Hai DIVA, mau nanya nih. Kalo karyanya diterima, penulis dapat royalti kan? Boleh tau berapa persen? Hehe… Thank you

  45. Riana says:

    diva mau tanya, karya yang dikirim dikenai biaya gak?

  46. rya says:

    mau tanya ni…
    ada ketentuan dalam penggunaan bahasa ga???
    boleh pakai bahasa baku????

    batas pengirimanya di tentukan ga???

    mohon balasannya ya…

    Terima kasih

  47. rizka says:

    Hallo Diva,
    saya baru saja mencoba untuk mengirimkan naskah saya. email saya: rizkachu259@gmail.com
    tolong pertimbangannya untuk membaca dan mengomentari naskah saya :)

    saya ingin bertanya, jika naskah saya ditolak, apakah saya juga akan diberi pemberitahuan, atau hanya naskah yang diterima yang diberi pemberitahuan?
    lalu, melalui apa saya akan diberi pemberitahuan, email atau telepon?
    terimakasih

  48. Faradina Izdhihary says:

    Salam Diva, mohon informasi nasib 3 naskah saya yaitu dua novel (a) SEPUTIH CINTA HAWNA dan (b) MENANTU UNTUK IBU serta antologi SAAT BT PADA PASANGAN yang saya kirim per tanggal 17 Agustus.

  49. Faradina Izdhihary says:

    Lha naskah saya kok kirimnya ke Abdul Malik ya? Sampai gak? aduh jangan2 nyasar

  50. Ahmad Tohari says:

    Mao tanya…????
    kalau Novel teenlit tuh minimal berapa halaman yaa???”
    terima kasihh (Mohon dibales yaa)…

  51. Muhammad says:

    Salam Diva,naskah yang dikirim terserah apa saja ya(novel, psikologi, kesehatan, dll)?

  52. nadiyah says:

    salam… peserta yang masuk sepuluh besar dapatn sertifikat ga???

  53. bejo says:

    Maaf mau tanya, kalau mau ngirim naskah lewat e-mail formatnya apa ya? .doc atau .pdf?

  54. Shhhye says:

    hmmmm…
    aku juga tertarik nih mau kirim novel aku…
    tapi sikit lagi aku uda mau nyiapi tulisan aku…
    doai y :D

  55. Abigail Sudirman says:

    Mau nanya berapa besarnya royalti untuk penulisan novel fiksi, dan kapan di bayarkannya, kalau novel sudah terjual.

  56. ANINDHYTA PUTRI says:

    aku barusan ngirim novel aku nih :)
    emailnya : anindhytalfathony@gmail.com
    judulnya be my wife amanda,
    seputar kehidupan skg, real,deket sama kehidupan remaja .
    kira – kira konfirmasinya kapan ya?

  57. Rizkeith says:

    kang, klo novel fantasy mau nerbitin nggak?

    oh ya, nerima novel serial nggak?

  58. Rizkeith says:

    maksudnya novel fantasy serial, semacam light novel

    apa Diva press nerima novel macam ini?

    thanks

  59. chelly says:

    kaka aku buat novell ..
    cuma bisa dikirim lewad mana ??
    lewad blog appa aku anter langsung ke office kka ??

  60. idhien says:

    kalau puisi diva mw kah, nerbitkn

  61. idhien says:

    aq udah nulis bgitu banyak puisi,
    redaksi diva press mw kah nerbitkn

  62. hanifah says:

    mau tanya…bude aq kan kemarin beli buku terbitan dari sini…terus ada kupon umrohnya…nanti pengumumannya kapan?

  63. afif says:

    Gini nih, Min. Saya ngga terlalu mahir soal komputer, tapi yang jelas saya punya ide bagus untuk novel. tentang tragedi tersesatnya anak-anak remaja(anak sekolah)di hutan yang dikarenakan mendapat tugas mencari suatu buah, hingga akhirnya mereka berusaha untuk keluar dari hutan itu. Masalahnya…saya kurang pandai soal komputer (word). jadi boleh ga, kalo segala bentuk marginnya disesuaikan oelh pihak yang berwenang untuk ngeditnya ? boleh, ya ?? please :)

  64. cloud says:

    apa sekarang diva press sudah menerbitkan kumcer? kalau belum, bolet tahu kapan?
    saya punya beberapa cerpen yang pernah dimuat di media.

    • admin says:

      selama ini, jenis kumcer yg diterbitkan diva beda sama novel. yang pertama itu kumcer yg inspiratif, contohnya buku keajaiban sebuah ciuman. yang kedua kumcer yg berasal dari lomba, misalnya Surat untuk Presidenku dan Nek Klewek. Naskah kumcer yg masuk ke redaksi DIVA bisa dibilang banyak, tp bnyk yg ga menarik di mata redaksi, jadi ditolak. Ini beda sama novel. kesempatan untuk bisa diterima lebih besar, asalkan memiliki tema dan cara penceritaan yang baik.

  65. afif says:

    OK, Min. Oh iya,pengeditan tuh mencakup apa saja ?

    • admin says:

      editing itu mencakup banyak hal. seorang editor bisa aja kerjanya nyari naskah2 bagus, memperbaiki naskah, sampai sebatas mengoreksi naskah. tergantung editor itu bekerja d penerbit mana :)

  66. afif says:

    jika seandainnya editing itu salah satunya mencakup “memperbaiki naskah” …. gimana kalo format naskahya diserahin ke’editor aja ? soal’a aku uda coba ng-format margin’nya sesuai perintah (kanan 4,kiri 3,atas 4,bawah 3)…. tapi, malahan bentuknya aneh, Min. lurus banget, kerucut ngga keruan bentuknya.

    Mohon dipertimbangkan :)
    Afif

    • admin says:

      kalau dari awal naskahnya udah ga rapi, bisa2 sebelum nyampe ke editor malah udah ditolak duluan. coba deh tanya2 sama orang cara mengubah margin dengan benar :)

  67. idhien says:

    kenapa blom ada respon dari redaksi diva press, aku sudah mnunggu pendapat dive press tntng kiriman aq itu……..

  68. FaiQ says:

    Salam…
    Diva, awal bulan ini saya baru mengirim naskah novel karya saya ke email Diva, mohon diperiksa. Jadi awal bulan depan saya sudah mendapatkan jawabannya, kan???

  69. Assalamu’alaikum..
    Salam DIVA Press..
    saya mau kirim naskah ke DIVA Press..
    mudah-mudahan diterima..
    Amiiiin..:)

  70. Rico Khorasani says:

    .saya pengen ngarang buku pengetahuan,kira-kira divapress mau nerbitin nggak ? n’ syarat-syarat buat buku non-fiksi pengetahuan itu apa ajaa yaa ? ..

  71. annur says:

    Hai diva, aku punya naskah novel udah jadi, tapi novel islami bisa tdak?? sudah lengkap smw pengnnya lewat email saja dlu… krna saya lgi hema krtas hehe tuk novel slenjutnya jga.

  72. Nadia says:

    hai diva…akhir tahun aku mau nyoba ngirim naskah novel ^^ mohon bantuannya

  73. afif says:

    min, kirim lewat e-mail nya gmn sih ? dicopy dari document-nya yah ? terus dipaste ke e-mail yuah ?

  74. Malik says:

    Admin, saya tertarik ngirim karya saya, tp karya tersebut sempat saya posting di sebuah forum di internet beberapa bulan lalu (nggak semua, cuma beberapa bagian aja) lha itu gimana min? Boleh dikirim nggak?

  75. novi Jn says:

    Assalamu’alaikum wr.wb

    perkenalkan nama saya novi.
    saya baru saja mengirimkan novel pertama saya berjudul Power of True Love ke E-mail redaksi Diva Press.
    sebagai pemula, sebenarnya saya agak ragu untuk mengirimkan novel tersebut. awalnya karena takut kecewa jika di tolak. maklum penulis pemula. namun, sy pikir ditolak penerbit adalah salah satu tantangan yang memang harus saya hadapi jika sy memang ingin menjadi seorang penulis.

    saya berharap novel tersebut bisa terbit. namun, jika nanti ternyata masih blum layak terbit. saya mohon sekiranya anda mw menuliskan kritik tentang novel tersebut, agar dapat saya perbaiki dimana letak kekurangan novel tersebut.

    sebelum dan sesusahnya terimakasih.

    wassalamu’alaikum wr.wb

  76. Rajib says:

    Salam kenal. Saya adalah penulis pemula dan saya punya naskah novel yang belum di print out. Tetapi, novel yang saya buat itu termasuk novel trilogi. Pertanyannya :
    - Apakah boleh mengirim novel dengan sekuel?
    - Novel yang saya buat hanya mempunyai tebal sekitar 90 halaman. Apakah boleh?

    Terimakasih.

  77. Kamiluddin Azis says:

    Kalo saya mau kirim Kumcer sekaligus kumpulan puisi dalam 1 buku, bisa nggak ya,, Jadi konsepnya karya sastra ‘cerpen’ yang dikembangkan dari sebuah puisi, atau ada juga puisi yang diciptakan dari sebuah cerpen. Jumlah cerpen dan puisi @ 11judul, tebalnya 130 halaman A4 dg dua spasi..Mohon penjelasan prospeknya… trims

  78. unie says:

    Hallo, Diva. saya mau tanya, kalau saya kirim fanfiction korea bisa tidak ya? Seperti novel, hanya saja penokohannya memakai nama-nama artis korea. terimakasih, mohon dibalas

  79. Yoga says:

    Diva..saya lagi buat novel ni..
    emang sih masih proses,jadi gini,umur sya 14 tahun..SYa buat novel perjuangan seorang anak ya gitulah…perjuangan hidup dia nie berat banget..okey to do point aje…
    Sya nulis ntu masuk kategori mana?
    Teen??Atau umum??Mhon jwbn krna itu akan mengakibatkan jumlah halamannya mnjadi laen..
    Imajinasi saja ini yg jdi mslah

  80. dyan says:

    sore diva,,
    mau nanya ni
    saya punya novel,, apa bisa langsung di kirim ke email redaksi diva press ??
    teruz konfirmasi diterima apa di tolak berapa lama y ?
    ini novel pertama saya mohon bantuannya
    makasih

  81. Putri says:

    Selamat malam, Diva Press.
    Saya ingin bertanya mengenai kirim naskah kategori novel teenlit
    bolehkah saya mengirim naskah dalam format bahasa remaja (bahasa santai)?
    Untuk ketentuan sinopsis serta biodata penulis, apa saya gabung dengan naskah atau dipisah?
    Terima kasih sebelumnya.
    Putri Arumsari-

  82. dyan says:

    saya sudah ngirim naskah novel saya,, semoga bisa di terima hee
    makasih atas bantuannya

  83. yusuf Abdullah says:

    halo Diva, saya telah mengirimkan naskah anak berjudul “Mistery Diary Sahabat” pada tanggal Sabtu, 28 Juli 2012…. tapi belum ada konfirmasi? apa memang tidak ada konfirmasi?

  84. Fifit Ervita says:

    assalamu’alaikum..
    diva, kalau ngirim novel, covernya dibuat sendiri juga ?

  85. aabelkarimi says:

    hello diva, saya sudah mengirim naskah berjudul Phytagores, pada 13 agustus 2012. tolong di konfirmasi. terimaksih

  86. shyshym says:

    saya masih bingung dengan marginnya. Apa boleh saya mengirim novel dengan margin normal???

  87. shyshym says:

    kalau saya mengirim margin normal, font 12 Pt, spasi 2, kira-kira jadinya berapa halaman ya?

  88. Raras Ay says:

    Kak, aku mau ngirim novel nih, tapi umur aku masih 14 tahun… Bisa gak ya??

  89. Aku pengen nyoba kirim naskah. Untuk judul fiksi: Perisai Izzatunna, dan Nama ku bukan Maria
    Mudahan bisa rampung nih :)

  90. Ropiki Hasan says:

    aku di jawa barat. boleh kirim naskah kesana?

  91. ika says:

    aku udah ngirim novelq. ini novel pertamaku..
    mohon bantuannya ya.. :)

  92. Murai says:

    Mimin, kalau kirim naskah romance sosial boleh, nggak? ^_^

    isi cerita agak serius memang.
    ketebalan naskah harus minimal 250 juga, ya? :)

  93. joko says:

    admin, cerita fantasi dengan tokoh utama berumur 14 tahun(masih SMP) termasuk kategori yang mana? umum atau teenlit atau cerita anak?

  94. Patra says:

    Maaf mau tanya penting banget..
    Apa diva menerima novel fantasi berseri…?
    Di tunggu jawabanya

  95. gita says:

    teenlit dgn tokoh siswi SMP boleh kan?
    oh iya, kalau fan fiction diva press nerima engga kira2?
    tks :)

  96. agus pratama says:

    Min itu emailnya yg untuk dikirim masih berlaku ?

  97. dea says:

    margin nya udah aku sesuaikan sama keterangan diatas, kanan dan atas 4 cm, kiri dan bawah 3 cm. tapi kok jadi aneh ya, satu baris cuma muat 2-3 kata. Emang bener kayak gitu? dan jadinya 10 halaman manjd sekitar 80 halaman

  98. sandibumi says:

    wah ini dia penerbit yang snagat terbuka dan ramagh suka bgt nih

  99. irmawan says:

    salam sastra, kepada team diva press, aku sudah mengirimkan naskah novel dengan judul tanah pejuang. mohon untuk konfirmasinya…terimakasih

  100. Dian says:

    Malam diva saya baru menyelesaikan sebuah novel kisahnya remaja SMA itu kira-kira minimal harus berapa halaman? Kisahnya anak SMA bgt dari mulai percintaan sampai tentang kehidupan nyata. Apa harus pakai bahasa indonesia yg baku atau tidak baku. Plis bales.

  101. cicim says:

    saya sudah mengirim,,, nama saya cicim,,, judulnya ‘ZAHRAH BERHAK JATUH CINTA’… sudah setengah bulan,, apa naskahnya sudah nyampek atau belum,,??? kalau ditolak tolong kabari saya ya

  102. Wiwin says:

    ?????????? ?????????? ?????????? ????? ??????… Diva..
    Saya mau tanya,
    Jika naskah kita dinyatakan diterima/ akan diterbitkan: Berapa lama rata-rata sampai bukunya terbit? (Standar pengalaman selama ini)

    • admin says:

      Halo, untuk rata2 sulit ya disebutkan. Ada yang bisa langsung terbit ada yang sampai 3 tahunan dengan berbagai pertimbangan tentunya. Trims :)

  103. Dewi says:

    halo diva…… mu tnya nih,
    klo ktebalan bku’a melebihi batas yg di tntukan bgaimn?

  104. Citra says:

    Dear Mbak Diva & Diva Express..
    Saya baru baca Blog ini,,,dan saya tertarik sekali…
    Saya sudah banyak menulis (autentik) tulis tangan*kadang pakai pensil…cerita cerita yg ada di otak saya dan saya tuangkan ke Tulisan. Ada yg fiksi,..ada juga yg nonfiksi…ada juga yg khayalan khayalan saya yg kadang ga jelas juga.
    Bolehkah saya mengirimkan setidaknya salah satunya ke Mbak Diva & Diva Express?

  105. Citra says:

    Maaf… maksudnya… Diva Press…
    kelebihan EX nya mbakk…
    hehehehe….

  106. Halo Diva ^_^ mau tanya.. Diva nerima naskah berlatar Korea, nggak? Sekaligus nama tokoh-tokohnya Korea juga? Thanks :-)

  107. Zay says:

    hmmm, kalau novel saya tentang anak SMK, ada perangnya(Perang beneran pakai senapan dan pesawat tempur), ada sedikit ilmu tekniknya, nyerempet-nyerempet SARA. pastikah tidak diterima?
    terimakasih mau membalas, masih diproses sampai kata ke 50000.

  108. Siti Setianingsih says:

    Mau nanya..
    Diva Press nerima naskah novel detektif ? kalo iya itu masuk di kategori mana ya? mohon jawabannya.. terima kasih..

  109. Assyifa says:

    kalo kirim antalogi puisi diterima tidak?

  110. sabiq says:

    kalo ngirim novel apa harus dgn desain cover depannya jg?

  111. sabiq says:

    kalo kirim novel harus sama desain cover depan juga ga?

  112. Yadien Babuju says:

    kalau novel tebalnya 100 lembar dan berasal dari luar kota. bisa ngak..?

  113. adhisa says:

    mau tanya, jika materi berupa fashion/aksesoris/craft, bisa diterima nggak yaa? thank u

  114. Dewy says:

    Mimin aku mau nanya donk…
    klw kumpulan cerpen cinta remaja, kisah inpiratif smpe kisah hidup yang di kemas dlm cerita pendek dan punya nilai” kehidupan yg di jadin satu, boleh nga??
    aku udah punya cover sampulnya….
    cuma aku bingng mau bawa ke penerbit mana.
    dan kebetulan ada wadah Diva yg bisa membuka jalan buat penuli” muda yg baru tapi penuh kreativ.
    Kasih info ya mimin….

  115. irsyad says:

    diva mo tanya, klo kirim naskah novel genre komedi bleh gakk,,

  116. Gandis Octya. P says:

    Min, kalo misal.a Novel itu berhubungan / terinspirasi dr idola (boyband Korea) ga apa2 kah ? .

  117. TARSIS says:

    nama saya tarsis..
    kalau kirim naskah novel lewat email boleh gak?..

  118. syahida says:

    min aku udah kirim naskahnya..keterima gak ya? ini email saya syahidahilma@yahoo.co.id

  119. tama says:

    min tiap aku kirim naskah kok balesannya gini “Sorry, we were unable to deliver your message to the following address” itu gimana min?

  120. tama says:

    terus bagaimana caranya tau kalau naskah kita yang dikirim udah diterima redaksi apa belum?

  121. Stefina Hwang says:

    Menerima fanficiton nggak ? tolong dibalas ya

  122. Harry says:

    kak saya mau nulis novel tapi ntar kalo udah terbit maunya dijual di Gramedi atau Dian Pertiwi. Btw syarat agar Novelnya bisa dimuat di toko buku di atas apa sih ? thanks

  123. Rani says:

    maaf saya mau bertanya, ketentuan margin yang benar itu di web ini apa di web yg online. soalnya tidak sama
    atas 4 cm; bawah 3 cm; kiri 4 cm; dan kanan 3 cm ini yang di sini
    Ukuran margin kanan dan atas 4 cm, kiri dan bawah 3 cm ini yang di divaprees-online
    mohon balasannya.

  124. dewi says:

    Maaf mau tanya, tadi saya kan ngirim naskah. Tapi kok gada kongirmasi kalo naslah saya sudah ada di inbox diva ya?

  125. Lala says:

    Halo Diva :)
    Saya mau tanya kalau ceritanya dalam bentuk fanfiction bisa tidak?
    Terima kasih :)

  126. Annisa says:

    Diva, saya mau tanya…
    kalau novel teenlit komedi bisa tidak?
    Terimakasih…

  127. audrey says:

    kak kalau novel fiksi ku yg temanya tentang fantasi gitu kalau kurang dari 250 gaboleh yahh :( trs kalau biodatanya di akhir novel bisa kan kak ?? mohon di balas terimakasih

  128. Naira says:

    Sore Diva… mau tanya, saya ada naskah novel tapi belum rampung.. kalau kirim sinopsisnya saja boleh gak? terima ya, pasti laku kok, menarik temanya.. :D

  129. Zetsu says:

    dear, admin jadi untuk naskah cerpen itu tidak bisa diterbitkan disini ya…?

  130. aisyah says:

    permisi, kalo nerbitin pake dipilih-pilih ga? misal, yang bagus mana yang ga pantes mana….
    terimakasih

  131. annetchov says:

    dear mimin… beberapa kali saya coba submit naskah ke emailnya tapi kok gabisa ya? “permanently failed” ..apa emailnya berubah? atau kenapa?

  132. ojah be says:

    pagi admin :D

    saya punya naskah novel anak. ceritanya fantasi. trus tebalnya lebih dari 100 kira2 masuk kategori mana ya? (AN) atau (Nv) ?. o.O
    trus bisa nggak nerima tebal bukunya lebih dari 100 gitu? -_-

    tlg dbales ya :D
    mksih :D

  133. Dhea says:

    assalamualaikum

    mau tanya, kalo naskah tema fantasi & tokoh utama umur 17-18th masuk genre novel/teen? kalo semisal masuknya teen tapi tebal halaman sekitar 200-an apa bisa?

    thanks :D

  134. kentaichi says:

    kalau kita kirim naskah fiksi fantasi (udh lebih +250 hal) apakah pihak diva press melakukan proses editing juga supaya jadi lebih menarik? trims

  135. rima says:

    hai ! kalo mau ngirim novel teenlit kn ada ketentuan spasi ganda. Itu maksudnya gmn? :)

  136. Darmini Asih says:

    sore Diva..
    jika naskah novelnya sudah dikirim, dari pihak diva sendiri dalam waktu berapa lama akan mengkonfirmasi kepada pengirimnya??

    itu saja terimakasih.

  137. ojah be says:

    aduh sayang banget min
    udah nanya nggak di jawab. :’(

  138. ipech says:

    Hi.. :D

    mau nanya yah, kan aku ada fanfiction…
    jumlah nya ada 300 an lebih halaman lah ya, nah itu masuk kedalam kategori apa? novel?
    terus nanti ada di edit dari penerbit kah??

    makasih ^_^

  139. Embun Fanni says:

    diva..kalo anak kelas 6 sd bisa tidak menulis novel remaja?

  140. cut nabella says:

    Saya sudah SMA, boleh gak ngirim naskah novel anak SD-SMP?

  141. FURKHANZ says:

    boleh gak ngirimnuya langsung tulisan tangan di kertas polio,,,

  142. ragil jepe says:

    kalau novel seri fantasi bisa diterima tidak :)

  143. Nisa says:

    Hallo Diva, saya punya naskah novel yang terinspirasi dari cerita pribadi. Jika memakai nama asli sebuah universitas dan lembaga bolehkah? Terimakasih

  144. ruly says:

    assalamu’alaikum
    admin, maaf mengganggu. saya barusan kirim naskah saya yang berjudul ” Thanks For All, Saranghaeyo”. kira2 di terima gak ya? terima kasih ya ^^

  145. tarsis says:

    kak kirim naskah novelnya tulis tangan boleh?…

  146. Nadyana says:

    Admin diva..
    Saya mau nanya.. Saya sudah coba kirim naskah ke redaksi_divapress@yahoo.com tapi tidak bisa…
    “Sorry, we were unable to deliver your message to the following address.” Begitu pemberitahuannya.
    Jadi bagaimana ya???
    Terima kasih sebelumnya ^^

  147. Nayma Mahadewi says:

    Admin, saya mau tanya nih… Kalau kirim naskah cerita lewat e-mail, lalu dimana saya harus menulis biodata saya? Sekian, terima kasih :)

  148. ek rkwt says:

    salam kenal….
    admin diva saya mau tanya, kebetulan saya punya draft novel, stlh di edit ulang total halaman cuma 141 halaman, kurang 9 halaman dari ketentuan minimal DIVA…apa msh bisa dipertimbangkan???
    ma kasih……

  149. ilmaka says:

    diva, mau tanya. aku mau ngirim novel halamannya pas banget 250 lembar -_- kalau mau ngirim lewat email, yg dilampirkan apa saja? naskah, sinopsis, lalu? terus sinopsisnya itu sinopsis per bab atau keseluruhan? mohon dijawab LENGKAP :) lagi mau coba2 nih :) terimakasih

  150. safira adni says:

    kok aku masih gk dong ya????

    tanya lagi dech, websitenya bwt ngirim naskah novel teenlit remaja tuh dimana???? sueerr, panasaran bgt setengah pingsan nich!!!

  151. rania says:

    Umur aku 13 tahun. Aku mau buat novel tentang seorang anak smp yang ditolak dalam pergaulan. Admin diva kira kira menerima tdk? Makasihh Hehe:)

  152. tarsis27 says:

    kak admin…
    aku mau krim naskah novel lewat file bisa?…

  153. ek rkwt says:

    salam kenal….
    admin diva saya mau tanya, kebetulan saya punya draft novel, stlh di edit ulang total halaman cuma 141 halaman, kurang 9 halaman dari ketentuan minimal DIVA…apa msh bisa dipertimbangkan???
    ma kasih……

  154. yurie zhafiera says:

    Salam kenal,diva…
    novel dengan genre dan latar Korea bisa diterima gak?

  155. Zalfa says:

    kak kalo aku ngirim cerita fanfiction korea terus genrenya fantasi, romance gitu boleh gak ka ??

  156. Hwang Hyemi says:

    halo diva press…bisa kirim naskah via email gk…?

  157. Bayu says:

    top 4 cm; bottom 3 cm; left 4 cm; dan right 3 cm, spasi ganda, itu pa sinh. margins atau besar ketas nya? tolong jelas kan. tlong di jawab aku pengen nerbit kan buku nih.
    terima kasih.

  158. Terry Oktav says:

    Apakah spasi after dan before paragrafnya diremove?

  159. dream catcher says:

    kalo gw nulisnya dlm bahasa inggris bisa ga?
    trus rated ‘teen’ itu batasan nya apa? ‘dewasa’ batasannya apa?
    gw biasa nulis fanfic, rated pg-13 till pg-15, tapi dlm aturan internasional, dimana kissing still allowed.. di indo gimana ya?

    thanks.

  160. nia says:

    Permisi admin Diva. Kalau usia tokohnya masuk kategori dewasa muda, sekitar umur dua puluhan awal (usia mahasiswa) masuk naskah teenlit atau naskah dewasa? Terima kasih.

  161. hantu_dumay says:

    kalau tema tentang mistik kira2 boleh gak

  162. Tina says:

    Apa diva press menerima novel fanfiksi Korea?

  163. jesslin says:

    Halo, admin diva press :)

    Barusan saya mengirim email ke redaksi_divapress@yahoo.com
    tapi saya malah mendapat email balasan seperti ini :

    Sorry, we were unable to deliver your message to the following address.

    itu kenapa ya admin?

    Terima kasih

  164. Fahtia NUr Rosyida says:

    Diva, kalo kumpulan cerpen anak dari satu penulis bisa gak?anak saya suka nulis n punya beberapa tulisan. Minimal berapa halaman ya..? Makasih infonya

  165. frans says:

    saya sebenarnya dah baca ketentuan pengiriman naskah di atas. tapi saya penasaran, kalau naskahnya tentang pernikahan Islami bisa ga?

  166. Nour Rani says:

    Assalamualaikum :) Saya mau tanya,apakah penerbit ini menerima novel dengan tema Korea? Sebelumnya terima kasih

  167. yoeanita says:

    Saya mau tanya, soft copy naskah yang dikirim dalam bentuk apa? apakah MS. Word, PDf,atau yang lainnya?
    mohon dijawab, terimakasih.

  168. Ilham Ibrahim says:

    kalo yang novel yang ada teka tekinya terus sejarah dan cinta itu masuknya kemana ??

  169. Akib Hehanussa says:

    Assalamualaikuum.
    begini, saya sedang menulis Novel Islam. terus saya nulisnya di word, dengan margin multiple, bookpold. jumlah halamannya 170+. bisa atau tidak diterbitkan ?
    mohon penjelasannya.
    terima Kasih.
    wassalamualaikum.

  170. kimberlly says:

    saya mau nanya , klo kita mau terbitin buku itu di ketikan lalu dikirim ke email deteensmail@gmail.com kan ? terimakasih

  171. kimberlly says:

    trus saya mau nanya lagi , saya nulis novel remaja , halamannya kurang lebih 17o gtu boleh ga ? tolong di bales yah (:

  172. min, mau nanya… diva mau menerima tulisan mengenai pembelajaran khusunya bahasa inggris… ini mengenai metode dan media baru sbg solusi baru guru untuk masalah siswa dalam belajar bahasa inggris gt

  173. Makmur says:

    Salam hormat. Sekitar tahun 2010 yg lalu, sy menerbitkan novel sy secara mandiri, sekitar 300 eksamplar dan diedarkan di kalangan teman2 aja. Dan berkat novel ini, sy pernah mewakili Indonesia dlm workshop sastra. Apa kira2 novel tersebut dapat sy kirim ke diva dan diterbitkan ulang oleh diva? Trims.

  174. izzul muttaqin says:

    saya merupakan santri aktif di ponpes sal_syaf sukorejo.
    dan saya mau tanya,
    bisakah saya ngirim naskah antonomi cerpen yang bertajuk islami.

    namun kira kira hanya 50 lembar,,,,

    bisa nggak..?

  175. nura says:

    bagaimana cara ngirimin buku mewarnai buat anak – anak???

  176. Admin, sebelumnya aku pernah liat novel fanfiction yang diteribtkan oleh diva press. Tapi di halaman ini ga ada keterangannya yang soal fanfiction itu?
    Jadi, bolehkah kirim naskah fanfiction? Kalo boleh, apa ketentuannya sama dengan novel dewasa? dan kode untuk pengiriman naskahnya apa ya?

    Sebelumnya maaf kalo pertanyaan ini sudah pernah ditanyakan di komen2 di atas. Soalnya komennya udah banyak banget.
    Terima kasih, Admin ;)

  177. Aryn says:

    Kalo genre teenlit tapi, lebih dari 220 gmna? gak bisa ya? please jawab :)

  178. wibi says:

    diva, saya sudah menerbitkan kumcer by self publishing, bisakah diterbitkan ulang lewat diva press

  179. Nur says:

    Kalo novelet Diva terima gk? Atau kumpulan cerpen?

  180. Sist/gan, mau nanya. Kalo ngirim naskahnya lewat soft apa harus buat cover design novel sendiri? atau dari tim sana yg buat? makasih ^^

  181. lhora zain says:

    admin yg baik, kalo misalnya ngirim novel mini bisa nggak?

  182. tikha says:

    admin yg baik menerima pengajuan naskah novel gk..? kalau kirim naskah novel berapa lama ya di konfirmasinya?

  183. Putri says:

    Halo, aku kan baru pertama kali kirim naskah. Nah, cara ngirimnya itu bisa lewat attachment email gak? :)

  184. brenda lutfi says:

    Diva..
    mau nanya, kalau mau ngirim lewat email itu, melampirkan file atau copy isi dokumen?

  185. DinamiSora says:

    ass. saya mau kirim naskah novel teenlit :)

  186. Vio says:

    Admin yang baik…
    Kmrin liat di pengumuman utk sementara Divapress menutup jalur pengiriman naskah. klo skrg udh bisa kirim?

  187. Lusky says:

    Saya mau bertanya
    Yang bener yang mana?
    Difanpage DeTeens itu katanya minimal 130 dan maksimal 180 halaman
    DiBlog ini bagian DeTeens itu katanya minimal 100 dan maksimal 150 halaman
    Dan disini ditulis novel remaja 180-220 halaman

    Mohon jawabannya

  188. Bluish says:

    Saya ingin mencoba mengirimkan naskah,tapi mungkin masih agak lama,saya mau nanya cover buku buat sendiri atau dibuat sama admin?

  189. Iraguchi Surizkie says:

    Hai Diva .. saya mau tanya nih. saya lagi nulis novel, pengen kirim ke Diva. Kira-kira kalo cuma 120 halaman boleh nggak sih? mohon banget infonya ya :)

  190. Elia says:

    kalau saya berniat mengirim buku tentang kerajinan flanel (hand made)+foto apakah bisa diterima ke kategori umum?

  191. buku perdana LELAKI BERKERUDUNG CINTA baru saja terbit. genre novel religis. sementara itu saya ada satu naskah bergenre novel remaja. jumlah halaman 170 halaman. kira-kira bisa diterbitkan oleh DIVA gak ya. mohon konfirmasinya.
    thx n salam
    nongka marahim

  192. Zahra Fadhila says:

    Min,
    1. kalau pengarangnya duet bisa diterima juga?
    2. kalau saya tinggal di sukabumi bisa diterima juga?

  193. rifdah says:

    aku orangnya suka berkhayal, kata temen temenku karya fiksiku bagus. tapi aku masih 14 tahun, dan novelku menceritakan pemuda/pemudi yang umurnya 20 tahunan. akankah diterima? thanks

  194. Ayu Vinesya says:

    kak, permisi mau nanya, kalau misalnya spasi yang ada di ketentuan itu sebenarnya spasi paragraf atau spasi kata. mohon dibalas. terima kasih sebelumnya.

  195. Izzah Al Masruroh says:

    Hai Diva….
    Wah…baca coment temen2 disini plus baca karya2 yang diterbitkan oleh Diva bikin Izza jadi mengkeret buat ngirim novel. Ada semacam perasaan ‘diterima nggak ya….’
    Jadi nggak PeDe gitu. Sejauh ini Izza udah punya 4 novel teenlit, yang satu udah self editing dengan jumlah halaman 105, TNR 12 pt, 4333, A4. Sedangkan yang lainnya belum Izza jamah soalnya jawal kuliah lagi penuh.
    Gimana nih, ada saran nggak biar Izza PeDe ngirim ke Diva?

  196. Izzah Al Masruroh says:

    Izza juga pengen nama Izza menggantung di novel karya Izza

  197. cinta okta says:

    makasih,,,,bisa dicoba nih

  198. nyimasRDA says:

    min aku agak bingung, kalau marginnya 4-4-3-3 cm, itu jadinya lebar banget dan ketebalan novel aku jadinya 800an halaman. aku jadi agak ragu buat kirim karena perhalaman cuma menampilkan beberapa halaman aja. itu cm atau inchi? tolong dijawab ya min, makasih.

  199. Hei Hei says:

    kak. aku udah ngirim email ke redaksi_diva tolong di cek ya kak. plis plis? ‘-’ oh ya kak, mau ngirim Fanfiction boleh ga?

  200. azhar says:

    nerima novel teen fantasi ga?

  201. Downey Salvadore says:

    Min, kalo misalnya ngirim naskah kumpulan cerpen boleh nggak? Kalo boleh nulis sinopsisnya gimana? Per butir cerpen atau secara keseluruhan ISI cerpen (cerpen bercerita tentang apa)? Terima kasih

  202. Dika Ayunda says:

    kak admin, klo ngirimnya sama sampul cover ngga ?? tolong dijawab ya.. Thanks :)

  203. dewi ratih says:

    Kalo misalnya aku ngirim ke diva, tapi novel itu masih dalam seleksi di penerbit lain gimana?

  204. Evi fadillah Nur says:

    assalam..
    met malam diva..saya mau ikut tanya ini..
    kalau misalkan kirim kumpulan puisi gmna?diterima di diva?
    makasih diva..**

  205. Violla says:

    Admin, saya ingin mengirimkan novel fantasi, tapi novelnya itu termasuk genre teenlit juga, jadi kalo ngirim ke email genre-nya saya tulis fantasi atau teenlit ya?

  206. Pandu says:

    Jika saya ingin kirim naskah komedi bisa ?
    Temannya , pengetahuan yang bersifat komedi

  207. ni'mah says:

    Diva…. aku ada kumpulan cerpen…
    boleh dikirim nggak?

    • admin says:

      Selamat siang,

      Mohon maaf, jalur penerimaan naskah fiksi masih kami tutup. Mohon ditunggu pemberitahuan lebih lanjut di media sosial kami.
      Terima kasih :)

  208. janindra says:

    Ass, au mau tanya. itu ketebalan hlaman yang tercntum d hlman Ms.word atau jumlah page Ms.word yh?

  209. Syafira says:

    assalamu’alaikum..
    aku mau nanyak nih,,, kn aku msih 14 tahun….bisa ngga di usia tsb aku ngirim novel?
    minimal usia pngiriman novel brp ya?
    (mohon dibalas) thanks
    wassalamu’aikum …

    • admin says:

      Selamat siang,

      Mohon maaf, jalur penerimaan naskah fiksi masih kami tutup. Mohon ditunggu pemberitahuan lebih lanjut di media sosial kami.
      Terima kasih :)

  210. Nur khasanah says:

    ass..

    mau tanya.
    kalo kirim naskah novel remaja bisa ??

    lewat email bisakan ?

    • admin says:

      Halo,

      Mohon maaf, jalur penerimaan naskah fiksi masih kami tutup. Mohon ditunggu pemberitahuan lebih lanjut di media sosial kami.
      Terima kasih :)

  211. erry says:

    maaf apa skrg diva press sdh mnerima naskah novel romance lg??

    • admin says:

      Selamat siang,

      Mohon maaf, jalur penerimaan naskah fiksi masih kami tutup. Mohon ditunggu pemberitahuan lebih lanjut di media sosial kami.
      Terima kasih :)

  212. rainy says:

    admiin. kalau kirim naskah lewat email. apa kita perlu print out lagi?
    makasih.
    tolong di jawab. :)

  213. Vanessa Mayumi Wen says:

    Hai Diva Press ! Aku mau nanya nih, kalo mau ngirim naskah. Kisah anak SMA gitu deh, tapi hasil project berdua gitu, boleh gak ya?
    Trus, Novelnya lebih baik dikirim lewat POS atau email ya? Thanks :)

    • admin says:

      Selamat siang,

      Mohon maaf, jalur penerimaan naskah fiksi masih kami tutup. Mohon ditunggu pemberitahuan lebih lanjut di media sosial kami.
      Terima kasih :)

  214. Ely says:

    kalo novel trilogy kita ngirimnya satu novel judul pertama aja apa tiga tiganya min?

    • admin says:

      Selamat siang,

      Mohon maaf, jalur penerimaan naskah fiksi masih kami tutup. Mohon ditunggu pemberitahuan lebih lanjut di media sosial kami.
      Terima kasih :)

      • Anis says:

        Seandainya jalur penerimaan naskah fiksi sudah di buka, apa mimin bisa nerima antologi novelet fanfiction? Jadi entar satu buku isinya 5 novelet fanfiction

  215. saya mau nanya, diva nerima naskah fanfiction korea gak? margin standar, 256 halaman, times new roman 12 pts, spasi 2…
    (mohon dibalas)

  216. Ichi says:

    Min terima naskah fiksi adventure tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>