Kembali ke Akar Kembali ke Sumber karya Abdul Hadi W.M.

Kembali ke Akar Kembali ke Sumber

“…Abdul Hadi menyadarkan kita, betapa penting memahami sejarah ketika seseorang hendak menyodorkan sekaligus merumuskan sebuah fenomena kultural… Di situ, pemahaman terhadap peristiwa masa lalu (sejarah) dan menelusuri jejaknya sampai ke sumbernya mutlak dilakukan. Dan Abdul Hadi, dalam buku ini, telah melakukan hal itu dengan sangat meyakinkan.”

—Maman S. Mahayana [Sastrawan dan Dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia]

 

Buku Kembali ke Akar Kembali ke Sumber adalah kegelisahan batin dan intelektual Abdul Hadi W.M. membaca gelagat minimnya pengkajian terhadap sastra dan seni Islam Indonesia. Padahal, Islam yang sekarang mengakar di bumi Indonesia tidak bisa lepas dari semaraknya penulisan karya-karya keagamaan dan keilmuan, baik dalam bentuk sastra kitab, adab, karya bercorak sejarah, hikayat, dan puisi-puisi sufi serta syair-syair didaktik pada masa lalu.

Dalam buku ini, Abdul Hadi W.M. menyodorkan banyak hal mengenai meruahnya kekayaan kultur (sumber) kita. Sumber itu tidak lain mengalir dari wawasan estetika Islam. Apabila kita telusuri lagi hingga cikal-bakalnya, maka kita akan sampai pada sumber segala sumber, yaitu al-Qur’an. Lewat buku ini, Abdul Hadi W.M. telah menyampaikan pencerahannya.

Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *